Mengisi Pola Batik Dengan Media Sayuran

Kegiatan belajar mengecap dengan menggunakan media sayuran di TK Pelnusa


Mengisi Pola Batik Dengan Media Sayuran

Mengisi Pola Batik Dengan Media Sayuran

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

 Banyak kegiatan seni dan prakarya yang diajarkan di Taman Kanak-Kanak yang bertujuan untuk mengembangkan motorik kasar anak-anak pada usia dini, salah satunya dengan kegiatan mengecap. Mengecap sangat disukai oleh anak PAUD. Dengan mengecap, guru PAUD dapat mengenalkan warna, serta jenis-jenis sayuran dan buah-buahan. Bahan-bahan yang digunakan pun relatif mudah ditemukan disekitar kita.

Media belajar dan bermain yang baik adalah media yang dapat memberi kesempatan untuk mendapatkan dan memperkaya pengetahuan anak secara langsung. Pun dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, berpikir kritis dan positif, membantu mengenal lingkungan dan kemampuan dirinya, menumbuhkan motivasi dan meningkatkan perhatian belajar anak. Dan tentu saja dibutuhkan kreatifitas yang lebih dari guru PAUD agar anak-anak tertarik untuk belajar sambil bermain.

Dan untuk kegiatan Fun Activity pada semester ini, Miss-miss TK Pelnusa sudah menyiapkan kegiatan mengecap yang tentunya sangat menyenangkan dan penuh edukasi. Anak-anak akan mengecap dan mengisi pola batik yang sudah dilukis miss-miss diatas kain putih sepanjang 8 meter. Bahan-bahan yang digunakan adalah sayuran dan buah-buahan, antara lain ; belimbing, wortel, sawi, terong, kacang kecipir, dan pelepah pisang.

 

 

Semua murid, baik dari tingkat K1 sampai K3 terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan mengecap ini, mereka duduk mengelilingi kain putih yang berpola batik, dan mulai mengecap sisi yang masih berwarna putih sehingga penuh dengan warna-warni yang sangat indah.

Komentar

Tulis Komentar