Pemilihan Ketua OSIS SMP Pelnusa, Layaknya Sistem Pemilu

Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMP Pelnusa Periode 2016-2017 yang beda tahun ini


Pemilihan Ketua OSIS SMP Pelnusa, Layaknya Sistem Pemilu

Pemilihan Ketua OSIS SMP Pelnusa, Layaknya Sistem Pemilu
para kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2016-2017

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

Sebanyak 139 pelajar SMPS Pelita Nusantara mengikuti pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS layaknya sistem pemilu. Pemilihan ini berlangsung di aula serbaguna sekolah, Jumat (02/09) pagi. Tujuannya, memberikan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilihan suara yang biasanya dilakukan saat pemilu. Para siswa tampak menyimak arahan dari pembina OSIS tentang tata cara pemilihan yang sesuai dengan aturan pemilu. Guru-guru dibagi menjadi petugas di tempat pemilihan suara (TPS), petugas TPS memberikan penjelasan tentang cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail lainnya.

Setalah selesai pengarahan dari Pembina OSIS SMP Pelnusa, para kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi masing-masing, serta juga diadakan dialog dan debat antara calon kandidat. Sehingga seluruh siswa/i memiliki kesempatan untuk menilai siapa calon yang akan dipilih nantinya. Setelah penyampaian visi dan misi selesai, Satu per satu pelajar berbaris, setiap pelajar diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kartu tersebut harus dituliskan nama calon pemimpin OSIS sekolah yang dipilih tersebut.  Setelah itu, pelajar memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dan selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara.

*seorang siswa memasukkan surat suara ke kotak pemungutan suara

Seluruh siswa/i senang mengikuti kegiatan ini, karena pemahaman pemilu memang sengaja ditanamkan sejak SMP supaya siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa ada paksaan. Selain itu, pemimpin yang mereka pilih sesuai dengan harapan mereka. Begitu juga dengan para guru di sekolah tersebut. Mereka menyambut pemilihan ketua OSIS ini dengan ikut memberikan suaranya. Bagi mereka, pemilihan ini dapat mengenalkan tentang pemilu sekaligus budaya politik yang demokratis.

*penyampaian visi dan misi oleh kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS

Kegiatan ini berlangsung sangat tertib, seluruh murid dengan antusias memberikan hak pilih mereka. Setelah selesai pemungutan suara, dilakukanlah proses penghitungan suara. Dan terpilihlah Sherry, kelas VIII sebagai Ketua Osis, serta Anweidri, kelas VIII sebagai Wakil Ketua OSIS Periode 2016-2017, mengalahkan dua pasang calon kandidat lainnya. 

Diharapkan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2016-2017 dapat mengemban amanat dan melaksanakan tugas mereka dengan baik, serta memberikan sumbangsih yang besar bagi kegiatan OSIS di SMP Pelnusa khususnya. SELAMAT!!!

Komentar

Tulis Komentar