Lebih Dekat Dengan Murid Melalui Kegiatan "Home Visiting"

Kunjungan Rumah (home visiting) lebih mempermudah komunikasi antara guru dan orangtua murid


Lebih Dekat Dengan Murid Melalui Kegiatan "Home Visiting"

Lebih Dekat Dengan Murid Melalui Kegiatan "Home Visiting"
kunjungan ke salah satu rumah murid

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

Kunjungan rumah (home visit) merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan guru untuk lebih memahami bagaimana perkembangan dan permasalahan yang dihadapi anak didik. Anak yang belajar di taman kanak-kanak adalah anak yang berasal dari lingkungan keluarga yang berbeda-beda. Proses perkembangan yang ditunjukkan anak tidak lepas dari pengaruh perlakuan atau pendidikan yang anak dapatkan dalam lingkungan keluarga.

Sejalan dengan hal tersebut, bertepatan dengan tema pembelajaran bulan September ini yaitu lingkunganku, guru TK A dan TK B TK Pelita Nusantara membuat program kunjungan ke rumah salah satu murid yang ada di kelasnya. Hal ini bertujuan untuk berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua siswa dalam hal penanganan pendidikan anak baik dirumah maupun di sekolah. Program ini juga dapat membangun kepercayaan masyarakat khususnya orang tua murid akan pelayanan yang diberikan oleh pihak sekolah.

Sebagai contoh, untuk kelas K2B, guru dan teman-teman berkunjung ke rumah Dylan. Disana mereka belajar mengenal lingkungan keluarga sesuai dengan tema, melihat seluruh ruangan yang ada di rumah, belajar bertamu yang baik dan sopan, dan tentu saja hal ini menanamkan jiwa sosial yang bagus untuk anak-anak usia dini. Selain itu, pada kesempatan tersebut guru kelasnya, Ms. Nini melakukan wawancara singkat dengan orang tua Dylan, guna menanyakan keseharian Dylan di rumah bagaimana, apakah sudah bisa makan dan mandi sendiri, atau hal-hal lainnya yang menyangkut perkembangan diri Dylan. 

Melalui kegiatan home visiting ini, banyak hal yang dapat menjadi informasi bagi guru antara lain ; kondisi rumah dan orang tua,  fasilitas belajar dan bermain yang ada di rumah, hubungan antar anggota keluarga, sikap dan kebiasaan anak di rumah, berbagai pendapat orang tua dan anggota keluarga lainnya tentang anak, komintmen orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam membantu perkembangan dan mengatasi masalah anak. Dan dari informasi tersebut, diharapkan guru dapat menjalin komunikasi yang baik dan saling  berkoordinasi dengan orang tua demi perkembangan pendidikan anak.

Komentar

Tulis Komentar