"PerMin" Yang Baru Di Kelas SMP Pelnusa

Perpustakaan Mini demi menanamkan minat baca yang lebih pada anak didik


"PerMin" Yang Baru Di Kelas SMP Pelnusa

"PerMin" Yang Baru Di Kelas SMP Pelnusa
kreatifitas "per-min" kelas 9C

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

Demi mendukung program Kemendikbud tentang GLS (Gerakan Literasi Sekolah), maka dari itu siswa-siswi SMP Pelnusa membuat inovasi baru untuk tahun ajaran ini, yaitu dengan membuat "PerMin" alias perpustakaan mini yang tersedia disudut tiap-tiap kelas. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah beserta guru-guru. Setiap kelas bebas berkreasi dalam membuat dan mendesain rak buku yang akan digunakan sebagai tempat meletakkan buku-buku bacaan yang ada.

GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Tahapan Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah adalah sbb :

 

  1. Penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca (Permendikbud No. 23 Tahun 2015)
  2. Meningkatkan kemampuan literasi melalui kegiatan menanggapi buku pengayaan
  3. Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran

 

 

Komentar

Tulis Komentar