MOS Yang Beda di SMA Pelnusa Tahun Ini

MOS yang berganti istilah menjadi PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah)


MOS Yang Beda di SMA Pelnusa Tahun Ini

MOS Yang Beda di SMA Pelnusa Tahun Ini
upacara MOS T.A 2016-2017

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

Selama ini Masa Orientasi Siswa (MOS) selalu identik dengan memakai berbagai atribut, seperti topi dari karton, kuncir rambut lebih dari dua, pita warna-warni, dan lain sebagainya. Tak jarang MOS juga menyebabkan tindak kekerasan atau bullying oleh siswa senior kepada adik kelasnya.

Mulai tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan dengan tegas melarang adanya untuk siswa baru. Konsep MOS kini menjadi pengenalan lingkungan sekolah (PLS) dan dilakukan oleh para guru sebagai pengajar. MOS ini harus dijadikan bagian dari proses awal pembelajaran. Banyak yang bisa diberikan selama tiga hari itu. Motivasi atau hal-hal praktis juga bisa ditambahkan dalam materi MOS tanpa perlu ada tindak kekerasan. 

Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Jadi, sudah tidak ada lagi, yang namanya perpeloncoan, membawa atribut-atribut aneh-aneh, kegiatan penyiksaan terhadap murid baru dan lain sebagainya. 
Tujuan dari pengenalan lingkungan sekolah adalah;
  1. mengenali potensi diri siswa baru;
  2. membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

 

 

Komentar

Tulis Komentar