Keistimewaan Tahun Kabisat

Penjelasan tentang tahun Kabisat dan fenomena alam khusus 29 Februari 2016 di Indonesia


Keistimewaan Tahun Kabisat

Keistimewaan Tahun Kabisat
29 februari 2016 = tahun kabisat

SEKOLAH PELITA NUSANTARA,

 

Tahun Kabisat tidak bisa dihindari dan selalu akan terjadi. Uniknya tahun Kabisat atau dalam bahasa Inggris disebut ‘Leap Year‘ hanya terjadi 4 tahun sekali. Kalau begitu apa itu tahun Kabisat ?

Tahun Kabisat adalah tahun khusus dimana biasanya jumlah hari dalam satu tahun dihitung 365 hari, maka pada tahun kabisat menjadi 366 hari. Penambahan 1 hari tersebut hanya terjadi 4 tahun sekali dan hanya ada pada bulan Februari. Nah pada tahun 2016 ini disebut sebagai tahun Kabisat karena bulan Februari berakhir pada angka 29 bukan 28.

Banyak sekali fakta dan mitos yang berkembang tentang Tahun Kabisat. Namun satu hal yang harus diingat bahwa setiap tahun sebenarnya adalah baik karena Tuhan menciptakan alam semesta ini dengan maksud baik. Jangan cepat percaya pada mitos-mitos yang mengatakan orang yang lahir pada 29 Februari akan bernasib buruk.

Fenomena Alam Khusus Pengaruh Tahun Kabisat 29 Februari 2016 di Indonesia

Di tahun 2016 ini ada yang istimewa khususnya pada tahun Kabisat di Indonesia. Hal ini berbeda dengan tahun kabisat yang sudah terjadi sebelumnya. Dimana keistimewaannya ?

Yakni sebuah fenomena alam setelah tanggal 29 Februari 2016 berupa dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan.

Kejadian alam istimewa ini diutarakan oleh Nurdiansyah, salah seorang pengamat Astronomi.

“Untuk tahun 2016 di wilayah Indonesia, akan terjadi 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan,” ungkap Nurdiansyah.

Dalam waktu di Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) dan peristiwa ini sangat langka dan istimewa sehingga para turis dari mancanegara berbondong-bondong datang ke wilayah Indonesia.

“Gerhana matahari di tanggal 9 maret 2016 adalah yang paling istimewa,” ujar sang pakar Astronomi.

Kapan Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi ? yakni tepat tanggal 9 Maret 2016.

Pertanyaanya wilayah mana saja di Indonesia yang dilalui GMT ? Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan GTM akan melintasi 11 kawasan wilayah di Indonesia.

Ke-11 kawasan ini antara lain Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

(artikel dari : http://news.hargatop.com/2016/02/29/apa-itu-tahun-kabisat-dan-fenomena-alam-khusus-29-februari-2016/4121686.html)

Komentar

Tulis Komentar